Pemahaman karung beras bermanfaat untuk Sampah


Jual Karung Beras Murah - Lim Corporation

Apa yang dimaksud dengan sampah? Pengertian Sampah ialah material sisa yang dibuang sebagai hasil dari proses produksi, baik itu industri ataupun rumah tangga. Definisi lain dari sampah ialah sesuatu yang gak diinginkan oleh manusia sesudah proses/ pemakaianya berakhir.

Baca Juga :

Adapun material sisa yang dimaksud ialah sesuatu yang berasal dari manusia, hewan, maupun dari tumbuhan yang telah gak tergunakan. Wujud dari sampah tersebut dapat dalam bentuk padat, cair, maupun gas.

Penjelasan Sampah Menurut Para Ahli

Untuk lebih mengetahui apa arti sampah, maka kita bisa melihat kepada pendapat beberapa ahli tentang definisi sampah. Di bawah iniiadalah penjelasan sampah menurut para ahli:

1. Juli Soemirat

Menurut Juli Soemirat penjelasan sampah ialah barang padat yang dihasilkan dari kegiatan manusia yang gak lagi dikehendaki.

2. Azwar

Menurut Azwar penjelasan sampah ialah sebagian dari sesuatu yang gak dipakain, gak digemari, atau sesuatu yang harus dibuang yang biasanya berasal dari kegiatan yang dilaksanakan manusia (termasuk kegiatan industri) namun bukan biologis sebab kotoran manusia (human waste) gak termasuk kedalamnya.

3. Bahar

Menurut Bahar definisi sampah ialah suatu barang yang harus bersifat padat yang gak lagi dipakai dan dibuang, sehingga barang tersebut gak dapat diuraikan dengan sempurna oleh alam yang akhirnya menyebabkan kerusakan.

4. Basriyanta

Menurut Basriyanta sampah ialah suatu material yang gak lagi digunakan sehingga dibuang oleh pemiliknya, namun sampah masih bisa dipakai jika didaur ulang menjadi sesuatu yang baru.

5. Tanjung

Menurut Tanjung, definisi sampah ialah barang yang gak bermanfaat lagi sehingga dibuang oleh pemiliknya.

6. Wijaya Jati

Menurut Wijaya Jati, pengertian sampah secara sederhana ialah konsekuensi sisa dari selurih kegiatan (aktivitas) manusia.

7. World Health Organization (WHO)

Menurut WHO penjelasan sampah ialah barang yang berasal dari kegiatan manusia yang gak lagi dipakai, baik gak digunakan, gak digemari, maupun yang dibuang.

8. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI arti sampah ialah barang yang dibuang oleh pemiliknya sebab gak tergunakan lagi atau gak dinginkan lagi, contohnya kotoran, kaleng minuman, daun-daunan, kertas, dan lain-lain.

Jenis-Jenis Sampah

Sesudah memahami penjelasan sampah, kita juga perlu mengetahui jenis-jenisnya. Beberapa jenis sampah dapat diklasifikasikan dalam beberapa kelompok. Berikut ini ialah jenis-jenis sampah:

1. Jenis Sampah Berdasarkan Sumbernya

Sampah yang berasal dari manusia
Sampah dari alam
Sampah konsumsi
Sampah nuklir/ Limbah radioaktif
Sampah industri
Sampah pertambangan

2. Jenis Sampah Berdasarkan Sifatnya

Sampah Organik (Degradable); Penjelasan sampah organik ialah sampah yang bisa membusuk dan terurai sehingga dapat diolah menjadi kompos. Contohnya, sisa makanan, daun kering, sayuran, dan lain-lain.
Sampah Anorganik (Undegradable); Penjelasan sampah anorganik ialah sampah yang sulit membusuk dan gak bisa terurai. Tetapi, sampah anorganik bisa didaur ulang menjadi sesuatu yang baru dan berguna. Contohnya botol plastik,kertasbekas,karton, kaleng bekas, dan lain-lain.


3. Jenis Sampah Berdasarkan Bentuknya

Berdasarkan bentuknya, sampah bisa dibagi menjadi beberapa kelompok, diantaranya:

Sampah Padat; Sampah pada adalah material yang dibuang oleh manusia (kecuali kotoran manusia). Jenis sampah ini diantaranya plastik bekas, pecahan gelas, kaleng bekas, sampah dapur, dan lain-lain.
Sampah Cair; Sampah cair adalah bahan cair yang gak diperlukan dan dibuang ke tempah sampah. Contohnya, sampah cair dari toilet, sampai cair dari dapur dan tempat cucian.

2. Efek Sampah Terhadap Lingkungan

Selain efek buruk terhadap kesehatan manusia, penanganan sampah yang gak baik juga meyebabkan efek buruk bagi lingkungan.

Seringkali sampah yang menumpuk di saluran air menyebabkan aliran air menjadi gak lancar dan berpotensi menyebabkan banjir. Selain itu, sampah cair yang berada di sekitar saluran air akan memicu bau gak sedap.

3. Efek Sampah Terhadap Sosial dan Ekonomi

Penyelesaian sampah yang gak baik juga berpengaruh pada keadaan sosial dan ekonomi. Beberapa diantaranya adalah:

Meningkatnya biaya kesehatan sebab timbulnya penyakit
Kondisi lingkungan gak bersih akibat pengerjaan sampah yang gak baik. Hal ini pada akhirnya akan berpengaruh pada kehidupan sosial masyarakat secara keseluruhan.


Tips Pengelolaan Sampah

Mengacu pada penjelasan sampah dan jenis-jenisnya, dibutuhkan pengerjaan dan pengelolaan sampah dengan cara yang baik. Merujuk informasi dari Departemen Pekerjaan Umum kota Semarang (2008), pengerjaan sampah bisa dilaksanakan dengan pengelolaan sampah 3R.

Berikut penjelasan pengelolaan sampah 3R tersebut:

1. Reuse (Memakai Kembali)

Ini ialah metode pengerjaan sampah dengan tips memakai kembali sampah tersebut secara langsung, baik untuk manfaat yang sama atau fungsi lain.

2. Reduce (Mengurangi)

Ini ialah metode pengelolaan sampah dengan tips mengurangi segalah hal yang bisa mengakibatkan timbulnya sampah.

3. Recycle (Daur Ulang)

Ini adalah metode pengelolaan sampah dengan tips mendaur ulang sampah menjadi sesuatu yang baru dan bisa dipakai.

Jual Karung Beras
*Info lengkap mengenai harga Karung Beras silakan klik http://bit.ly/hargakarungberas

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Memesan Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Transparan, atau Karung Polos untuk pengemasan ketika pascapanen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan terjangkau. Untuk info pemesanan produk bisa langsung menghubungi kami pada hari dan jam kerja melalui (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
– Minimal order 5.000 lembar
– Harga netto (tidak termasuk PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Komentar