Menghindari Hama Kutu Beras Menggunakan Karung Beras


Jual Berbagai Macam Karung - Lim Corporation

Penyimpanan padi dikerjakan untuk mempertahankan supaya padi dalam kondisi yang baik. Pengelolaan dan penyimpanan yang tak baik akan menyebabkan terjadinya kerusakan pada padi, selain itu akan tumbuh jamur serta munculnya beberapa pengganggu seperti tikus dan serangga-serangga yang dapat memakan padi sehingga akan menyebabkan mutu padi menjadi turun.Sehubungan dengan hal tersebut ada beberapa cara menyimpan padi, supaya padi tak mudah rusak ataupun mengurangi gangguan dari serangga-serangga yang dapat menurunkan mutu, beberapa cara tersebut yakni :
 
Penyimpanan Secara Tradisional
Penyimpanan tradisional sering dipakai oleh para petani. Penyimpanan tradisonal ini dapat dilakukan dengan penyimpanan gabah di dalam lumbung ataupun didalam karung.Penyimpanan padi di dalam lumbung dapat dilakukan dengan sistem curah, yakni padi yang sudah kering dicurahkan pada suatu tempat (lumbung) yang dianggap aman dari ganggunan hama mau pun cuaca. Padi yang akan  di simpan ini ialah gabah yang dalam keadaan kering dan sejuk (tak panas) dan diupayakan padi yang disimpannya itu bebas dari ganggunan serangga hama gudang, gangguan tikus, burung dan gangguan lainnya.


Sebelum melakukan penyimpanan, gabah dan lumbung harus dibersihkan terlebih dahulu. Padi harus dibersihkan dari debu, kotoran maupun dari serangga hama sedangkan lumbung untuk penyimpanan harus disiapkan terlebih dahulu dengan pembersihan lumbung dari kotoran, hama, dan sisa gabah sebelumnya. Bila lumbung dalam keadaan kotor maka tikus akan mudah menyerang, untuk pencegahan pengganggu berupa tikus dapat juga menggunakan alat perangkap, untuk penggunaan pestisida dipakai jika diperlukan saja. Sedangkan penyimpanan padi memakai kemasan karung, terlebih dahulu kita harus memperhatikan karung yang akan menjadi tempat penyimpanan padi. Aspek-aspek yang perlu diperhatikan yakni :
1. kemasan karung harus dapat melindungi gabah dari kerusakan dalam pengangkutan dan penyimpanan.
2. kemasan karung tak boleh rusak atau pencemaran terhadap padi yang disimpan. Oleh karena itu bahan kemasan/karung dan karung tak membawa organisme pengganggu tanaman seperti serangga hama

* Ingin Dapat Info Pertanian & Perkebunan Terkini? Kunjungi DISINI

Penyimpanan Modern    
Penyimpanan secara modern ini dapat berupa penyimpanan tertutup(kedap udara), penyimpanan dengan cara ini jarang dipakai oleh para petani. Penyimpanan kedap udara ini mencakup penempatan padi ke dalam wadah yang menghentikan pergerakan udara (oksigen) serta air antar atmosfir luar dan padi yang disimpan.

Penyimpanan kedap udara ini dapat memakai karung IRRI, Peengemasn dengan karung ini, tak dipaki langsung akan tetapi sebagai pelapis dalam karung pengemasan seperti karung plastik. Jenis karung ini dirancang untuk menyinpan padi/ benih sampai 50 kg.
Karung IRRI tersebut  dapat memperpanjang masa kecambah benih untuk masa tanam hingga mencapai 12 bulan atau dapat menjaga viabilitas padi serta menjaga kualitas padi karena dengan penyimpanan kedap udara ini bisa menjaga stabilitas kandungan air padi. Selain itu dapat mengendalikan hama serangga digudang tanpa memakai insektisida, hal tersbut dapat terjadi karena karung IRRI dapat mengurangi aliran oksigen ataupun uap air ke udara luar.

Bila ditutup dengan baik, respirasi (penguapan) gabah dapat ditekan. Dengan terjadinya pengurangan tingkat oksigen ini maka akan dapat menekan daya hidup serangga. Selain itu, stabilitas pengendalian kandungan air gabah didalam karung menjaga tingkat kebasahan dan kekeringan dari padi. Penyimpanan memakai karung ini dikerjakan dengan terlebih dahulu memasukkan karung super IRRI tersebut kedalam karung karung plastik yang biasa dipakai untuk menyimpan gabah kemudian karung IRRI diisi dengan padi kering dengan kadar air kurang dari empat belas %, Selanjutnya  udara diatas padi dihilangkan dengan menguatkan ikatannya, karung ditutup dengan cara memelintir bagian atas plastik, kemudian lipat menjadi dua. Selanjutnya, ikatlah ujung dengan karet atau selotip yang kuat. Dan langkah yang terakhir tutup bagian luar karung dengan hati-hati supaya padi yang disimpannya itu tak menusuk atau membuat karung IRRI bocor.

Distributor Karung Beras Sidoarjo
Jika anda membutuhkan dan memerlukan Karung Beras untuk produsi beras hasil panen dengan harga murah atau untuk lainnya silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja. (Minggu dan Hari Besar Kami Tutup)

Customer Service : 
Telp          : 031 - 8830487
Mobile     : 0852 3392 5564 | 0877 0282 1277 | 0812 3258 4950
Email       : limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp : Admin 1 | Admin 2 | Admin 3

Catatan :
– Minimal order 5.000 lembar
– Harga netto ( tidak termasuk PPN )
– Harga franco Surabaya, Termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah Setiap waktu

Komentar