Trik Menanam Jahe Dikarung Yang Belum Banyak Orang Ketahui

Distributor Karung Berkualitas - Lim Corporation

Jahe merupakan salah satu tanaman obat dan bahan untuk rempa - rempah. Jahe sangat mudah dicari dimana saja. Tanaman jahe ini merupakan tanaman yang sangat diminati oleh para masyarakat indonesia. Pembahasan kali ini kami akan membahas tentang bagaimana menanam jahe dikarung.

Karung dapat dijadikan tempat penanaman untuk menanam jahe, karena karung mempunyai kemiripan dengan polybag yakni sama - sama dari bahan plastik cuman bedanya adalah polybag mempunyai warna hitam dan memiliki lobang, namun karung mempunyai bahan yang kuat dan tidak mempunyai lobang, lobang pada karung harus dibuat sendiri.

*Ingin Dapat Info Pertanian & Perkebunan Terkini? Kunjungi DISINI

Proses pembibitan jahe merah
Bila anda membeli bibit jahe yang suda siap tanam atau yang suda bertunas 5 Sampai 10 meter, anda akan lebih muda membudidayakan jahe. Tetapi bila susah mendapatkan sebuah bibit tunas anda dapat menyemai bibit jahe ini sendiri di rumah anda. Ada beberapa tahapan yang bisa anda gunakan untuk menyemai bibit jahe salah satunya ialah penyemaian jahe di dalam kotak kayu.

Pembibitan jahe dapat dikerjakan dengan memilih terlebih dahulu rimpang jahe yang baru dan dapat dipanen .Kemudian dijemur sementara lalu disimpan sampai satu atau dua bulan. Setelah itu patahkanlan rimpang jahe memakai tangan, di mana setiap potongannya mempunyai tiga hingga lima tunas kemudian dijemur ulang sampai satu hari.

Sebelum bibit jahe disemai haruslah diseterilkan dari virus dan penyakit. Pembersihan dari virus dapat dilakukan dengan cara mencelupkan bakal bibit yang sudah anda kemas didalam karung tadi ke dalam PHEFOC HCS selama 5 menit lalu keringkanlah. Setelah itu bakal bibit yang kering rendamlah kembali menggunakan zat pengatur tumbuh SOT HCS selama empat jam. Setelah hal itu selesai direndam tiriskan bakal bibit hingga kering, setelah itu bibit telah siap untuk disemaikan.


Cara menanam jahe merah dalam karung
Bakal bibit yang telah anda semai kemudian patahkan memakai tangan menjadi 2 - 3 ruas di mana setiap ruasnya terdapat minimal 2 mata tunas. Setelah itu buatlah campuran tanah dengan bokashi perbandingannya 3 : 1. Caranya masukan campuran tanah dan bokashi ke dalam karung dengan ketinggian sekitar 15 cm.

Cara perawatan dan pemupukan
Untuk cara perawatan tanaman ini cukup mudah sekali. Perawatannya ialah dengan cara menyirami satu kali dalam sehari, akan tetapi bila cuaca panas sebaiknya anda melakukan penyiraman dua kali dalam sehari. Apabila usia jahe sudah mencapai 2 - 4 minggu lakukanlah pengocoran mengunakan fermentasi SOT HCS.

Kerjakan kembali lagi pengurukan karung dengan campuran tanah dan bokashi (3:1) apabila jahe sudah berusia 2 - 3 bulan ataupun jika rimpang jahe sudah dapat terlihat menyembul keluar. Kerjakan tahapan  pengurukan ini berulang kali dengan cara memperhatikan pertumbuhan tanaman jahe hingga berusia 8 bulan atau boleh sampai karung terisi penuh. Dengan menggunakan cara ini Anda bisa mendapatkan hasil panen yang sangat melimpah, karung yang Anda gunakan untuk menanam jahe bisa terisi penuh dengan rimpang jahe. Bahkan ada petani yang memanen jahe setiap satu karung berisi sekitar 20 kg jahe. Jika tahapan di atas sudah Anda lalui 8 - 10 bulan, sudah saatnya Anda memanen hasilnya dari budidaya tanaman jahe merah.

Jual karung berkualitas Sidoarjo
Jika Anda Memerlukan atau Ingin Memesan Karung Beras untuk mengemas beras  atau digunakan untuk yang lainnya silakan langsung hubungi kami pada hari dan jam kerja melalui. (Minggu dan Hari besar Kami Tutup)

Customer Service : 
Telp          : 031 - 8830487
Mobile     : 0852 3392 5564 | 0877 0282 1277 | 0812 3258 4950
Email       : limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp : Admin 1 | Admin 2 | Admin 3

Catatan :
– Minimal order 5.000 lembar
– Harga netto ( tidak termasuk PPN )
– Harga franco Surabaya, Termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah Setiap waktu

Komentar